Bagaimana cara memajukan Robotika di Indonesia?

Bagaimana cara memajukan Robotika di Indonesia?
Silakan tanggapannya para Roboticist🙂

_

bentuk sebuah asodiasi dimana terediri dari berbagai kalangan baik itu pelajar, dosen, pakar ataupun org yg berkiprah betul dibidang robotika hancurkan semua batasan2 antara berbagai aliran kita bersatu menjadi kesatuan.. UNITY IN DIVERSITY!!!

Kita bergerak bersama,, ciptakan komunitas2 pecinta robot,, dan bukan hny pencipta, inilah masanya Indonesia hrs move on ke era yg baru,, krn udh bnyk “pakar2” nya ni,, mari pak, ciptakan sesuatu di dan bersama ???ª? Robot Indonesia,, pergunakan Ït? buat kemajuan Robotika di Indonesia. Saya percaya, bersatu kita biså ,, membangun suatu generasi yg baru, dimana robotika “diakui” untuk dan bagi generasi selanjutnya anak bgs Indonesia.

_

Menurut saya, dunia robotika tidak bisa terlepas dari kata Bisnis..kalo kita liat, kebanyakan industri2 besar ato penyokong dana riset robot di luar negeri berani menginvestasikan duitnya karena hasil risetnya bisa dipake untuk mengembangkan industri mereka, jadi profit lebih besar. kita tau, untuk riset sebuah robot, memerlukan biaya yang tidak sedikit, kalo mengharapkan dari pemerintah saya rasa dunia robotika indonesia tidak akan pernah maju. karena dananya terlalu kecil sehingga hanya bisa membuat robot mobil-mobilan yang jadi mainan anak2, sedangkan negara berkembang para tetangga indonesia sudah membuat Humanoid. Sudah saatnya Asosiasi Robotika Indonesia dibentuk dan mencari sponsor2 dari kalangan industri yang mau mendanai riset para pengembang robot. Jadi kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan….😀

_

Assosiasi Robotika Indonesia,,, Non Profit.

Assosiasi baru berdiri 29january,,,iya, memang faktor kepercayaan ng mudah,,, but,  sbnernya sudh agak rancu term sosial dan bisnis,, but utk memajukan sesuatu,, apalgi bicaranya “masyarakat” memang kenyataannya membutuhkan biaya yg tdk sedikit,, kita berharap saja dukungan pemerintah bs semakin nyata, agar tugas asosiasi yg pny hati utk memajukan bgspun semakin “ringan”

_

caranya gampang, kita harus hadir disetiap acara robotik yang diadakan oleh komunitas dan saling berganti peran. misalnya anda buat acara saya jadi peserta, pa yudi jadi juri dan bu juli jadi penyandang dana…………… trus kita gantian mas adi jadi penyandang dana, saya jadi juri muridnya mas dadang jadi peserta…….. trus kita ikut acara bmp (business matching program) yang diadakan oleh ROCI. trus kita lomba deh (lego, vex dari amerika) (fischer dari jerman) albaderan dari prancis, robo2 dari korea, dari jepang anime… kan lumayan keliling dunia terus….dan yang paling penting kita buat robot merk indonesia dan dipakai oleh semua pihak (penjual, guru, trainer) trus buat lomba tingkat nasional seperti robot ARO X buatan indonesia (waktu di singapur dapet gelar best design robot loh)

_

yang penting saling support lah, sesuai dengan misi utama “bagaimana caranya agar robotika Indonesia lebih dikenal oleh kanca robotika Dunia”

_

saran kongkrit… setiap orang yang komen di wall ini, diberikan 1 (satu) sesi jadi instruktur di rumah robot milik bu jully. jadi semua bisa kumpul di jakarta. bu jully yang bayar akomodasi… wah kalo gini caranya roci bisa bubar nih

saran kongkrit ke 2…. kalo di kampus ada kri dan krci, maka tingkat sekolah harus ada OSN robot (yg sekararang ada Math, fisika, kimia biologi dan TIK)………… nah tgl 20-22 mei ada lomba robot tingkat nasional di sma 28(sy bukan guru 28 loh), kalo persertanya bisa lebih 18 provinsi dan 300 tim.. maka pihak diknas akan mengupayakan robot jadi materi OSN 2012…. lomba robot untuk sekolah sekarang dipegang kominfo melalui roci (sy pesimis robot kita ga akan maju lewat kominfo, kalo mau maju harus lewat diknas)
_
Tapi Ibu Jully Tjindrawan, bikin WRE itu paling tidak sebuah solusi untuk perkenalkan robot sejak dini. Salut. Jadi inget dulu saya suka IT karena main game, dan kepingin bikin game sendiri. Walaupun sekarang malah jadi jurnalis. Hehehehe.
_
Apakah sy harus menciptakan 1000 orang seperti arifin
apakah bu jully harus jadi menteri kominfo
apakah pa yudi harus dapat modal 100 milyar
apakah para dosen ga boleh jadi marketing produsen robot
trus apa yang kita tunggu…
Indonesia sudah sering juara lewat arifin
Indonesia sudah punya rumah robot
saya ga setuju kalau kita masih mulai, kita ini sudah lumayan maju loh



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: