Line Tracer “Analog” itu R.o.b.o.t ?

Di beberapa kompetisi / kontes robot yang diselenggarakan sejumlah kampus, ada kategori lomba Line Tracer Analog. Apakah Line Tracer Analog masuk dalam ranah robotik? Mengingat salah satu sifat dari robot adalah programmable. Mari kita diskusikan

Jawab :

Yudi Tri Wibowo kl menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Robot Iya sudah termasuk Pak Chris, kl memang robot harus ada unsur “programmable” di line tracer analog unsur tersebut dicapai dengan disain rangkaian analognya.

Anton Widarmono ?”Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan)” jadi ga harus programable, auto dan manual kontrol juga termasuk robot…. ALT termasuk auto……

Haikal Hakim Baiqunni kalo menurut saya sudah termasuk om…kan didalamnya uda ada desain logicnya…sedangkan yg dikatakan sbg “program” dalam bahasa mesin/c alternatif lain untuk mengemas perintah logic tsb melalui program.

Rizky Aditya Pratama klo mnrut saya sih sdh trmasuk.. hnya sja LTA mrpkan robot yg paling sdrhana dn jg bntuknya pun msh mnyrupai mobil mainan.. lok pndpat Q bgitu..

Adiatmo Rahardi sbenarnya Robot atau bukan Robot itu tergantung kita nya yang memasukan sebuah alat ke dalam Robot atau bukan… tapi pedoman yang pasti adalah yang didefinisikan oleh Karel ?apek, bahwa Robot itu “A robot is a mechanical intelligent agent which can perform tasks on its own, or with guidance. The term robot can also apply to a virtual agent. In practice it is usually an electro-mechanical machine which is guided by computer or electronic programming. Robots can be autonomous or semi-autonomous” (wikipedia)

Anton Widarmono iya juga, “Vending Machine” memenuhi unsur2 yg cukup untuk disebut robot, ada sistem input – outputnya yg semi otomatis 🙂 nah yg disebut robot2an itu juga betul, karena memang bukan robot hanya ada sistem output berupa gerakan dan suara sedangkan input tidak ada.

Christianto Tjahyadi Menurut hemat saya, dalam koridor kekinian dan kemajuan teknologi saat ini, programmable secara komputasi adalah mutlak dimiliki oleh sebuah robot, mengingat amat sangat sulit (baca: mustahil) meng-implementasikan kecerdasan (buatan) tanpa melibatkan komputasi di dalamnya. Kecerdasan merupakan salah satu target yg dibidik dari pengembangan robot saat ini.
_
Harboot Machiato LFAnya klo benar2 sederhana tanpa IC Logic mungkin bukan robot, tapi masuk dalam bidang robotika. saya setuju dgn pengelompokkan robot tergantung pendapat org, saya pribadi memandang byk hal sbg robot, spt Printer, Scanner, dll.
Iklan

  1. Muhammad Ridho

    Tolong ajarkan saya tehknik2 dan cara cara Lengkapnya utk membuat Robot dong?
    saya tertarik dan saya mohon untuk diajarkan cara membuat Robot…tolong ajarkan ya! 🙂

  2. menurut kami, line tracer analog bisa disebut robot maupun robot-robotan ataupun maianan, seperti yang dikatakan agan anton widarmono dan saya berikan tambahan kalau robot itu tidak mengacuh pada kecerdasaan buatan ataupun program buatan, melainkan dengan auto control atau manual kontrol juga termasuk robot. Line tracer analog sendiripun juga menjadi dasaran belajar robot. dimulai dengan belajar elektronika 🙂




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: