Robot paling murah ?

“Berapa sih harga robot paling murah ?”

Banyak pertanyaan seperti diatas melayang2 ditelinga harboot. Jawabannya relatif. Semakin sederhana teknologi dan bahan yang digunakan, akan semakin murah. Tapi disini harboot mau sedikit share robot pabrikkan yg bagus dan murah. Namanya Line Tracing Car buatan China. Robot ini mampu mengikuti garis hitam selebar 1.5 – 2.5 cm tanpa di program (alias analog doank).

Robot ini dijual dari harga 135rb – 175rb (tahun 2011). Alasan kenapa harganya bisa relatif beda jauh adalah karna ada produk bajakkan dari robot ini. Robot ini perlu kita rakit dulu, dan ada bbrp komponen yg harus kita solder (tidak banyak). Robot ini menggunakan 2 buah baterry AA.

Apa kerugian bajakkan ? Bajakkan lebih susah dijalankan, selalu ada trouble karna cetakkan plastik spt gear tidak baik. Kwalitas PCB lebih buruk.

Bagaimana membedakan bajakkan dan asli? Tidak sulit membedakannya, beberapa diantaranya :

1. Cover Box, yang asli ada tulisan menggunakan abjad “Line Tracing Car” seperti di foto. Klo bajakkan menggunakan Font China, mungkin artinya sama.

2. Manual, manual bajakkan mengcopy manual aslinya ditambahkan logo pabrik pembuatnya. Font yang digunakan berbeda. Lihat saja halaman depan manualnya klo rame, ada logo, dan embel2 itu bajakkannya.

3. PCB, yang asli PCB lebih keras dengan warna hijau tua. Yang bajakkan berwarna hijau muda.

Sementara Obeng dan kelengkapan lainnya mirip. Susah dibedakan spt gear. Baru tau kwalitasnya buruk setelah digunakan, tdk bs dilihat perbedaannya dgn mata.

Ok. Semoga share ini bermanfaat 😀




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: