Modifikasi Mainan Jadi Lebih “Smart”

Apa bedanya robot sama mainan ? Tergantung dari sudut pandang apa kita melihat, klo kita hanya org awam yg cuman bisa memainkan kita akan menyebutnya “mainan”. Tp bukan itu yg ingin dibahas di postingan ini :D.

Ok, spt digambar bisa dilihat beberapa mainan tank produksi HenLong China. Mainan Tank ini menggunakan 2 buah motor DC untuk menggerakkan rodanya dan 3 buah motor DC diatas untuk menggerakkan senjata kiri kanan, atas bawah dan menembak.

Gambar pertama, Tank di modifikasi menggunakan EV-8 buatan Innovati Taiwan. Harganya mungkin sekitar 140rb-an. Chip mungil ini punya 8 pin I/O. 1 kakinya menerima inputan dari control system tank, untuk mengetahui apakah ada command dari remote.

Sedangkan sisa kaki pin-nya untuk mengendalikan tank.

Jadi sistem kerja yang ingin dibuat adalah, Tank dikendalikan secara manual menggunakan remote dan system bawaannya. Eh, ternyata tank tidak dapat dikendalikan karna berada diluar jangkauan. Dalam beberapa detik Chip EV-8 mengambil alih tank sehingga mode manual berubah menjadi otomatis.

Saat sinyal remote diterima kembali, tank akan masuk ke mode manual kembali. Menarik bukan ?

Gambar kedua adalah system asli tank dari pabriknya. Mainan ini tidak murah kamu perlu mengeluarkan uang 900-1.5jt untuk membeli mainan ini.

Gambar ketiga, semua system bawaan tank dicabut, dan diganti dgn innovati system, sehingga kita bs mempelajari cara kerja system dan memprogramnya sesuka kita. (Baca artikel tentang Tank Innovati.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: