Asosiasi Robot Dideklarasikan

Asosiasi Robotlka Indonesia (ARI) resmi dideklarasikan di World Robotic Explorer (Rumah Robot). Thamrin City. Jakarta Pusat. Sabtu (29/1). Tujuan pendirian asosiasi ini adalah menciptakan pemerataan teknologi robotika supaya mampu mempercepat peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

“Dengan adanya badan ini diharapkan terjadi pemerataan teknologi robotika sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan lebih siap, khususnya dalam mengembangkan teknologi robotika untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.” kata Dr Ir Wahidin Wahab Msc selaku deklarator ARI dalam sambutannya.

 

Wahidin menjelaskan. ARI beranggotakan akademisi, peneliti, praktisi, dan petiobi. Teknologi robotika tidak hanya dimanfaatkan oleh Industri besar untuk proses produksi tetapi Juga sudah mulai masuk kepada aplikasi untuk pemenuhan kebutuhan keluarga,” katanya.

 

Menurut dia, perkembangan teknologi robotika sendiri awalnya dikenal melalui film, kemudian berkembang pesat sehingga banyak menyentuh berbagai bidang kehidupan manusia. Star Wars adalah film pertama yang memperkenalkannya.

 

Wahidin mengatakan, riset di robotika banyak dimulai dari lingkungan kampus perguruan tinggi.juga biasanya dilanjutkan dalam bentuk kompetisi, baik skala regional, nasional, maupun internasional., “Berdasarkan kondisi tersebut sumber daya manusia bidang robotika mengalami peningkatan yang sangat pesat, sehingga tentunya merupakan hal positif untuk terus didorong,” katanya.

 

Pada kesempatan yang sama. Direktur World Robotic Explorer Jully Tjindrawan menyampaikan harapannya agar Indonesia tidak tertinggal dalam hal pendidikan-robotika. Jully mendirikan Robotic Explorer (RE) pada Juli 2005 di sebuah lokasi di Jakarta Barat. Dan,, memasuki tahun kelima. RE bekerja sama dengan Thamrin City mendirikan sebuah wahana edukasi dan bermain yang bertemakan robotika satu-satunya di Indonesia.

 

Wahana itu juga merupakan yang terlengkap dan termodern di Asia, dengan sejumlah fasilitas berupa erena kreativitas, ruang belajar, laboratorium, ruang uji. galeri, pusat pembelajaran e-learning, dan movie, room, sehingga dapat membantu meningkatkan pema-, naman dan kecintaan masyarakat terhadap sains.

 

“World Robotic Explorer akan menjadi cikal bak-*J lahirnya komunitas pencinta robotika yang sebrfurn-nya tidak memiliki tempat magang untuk saling bertukar pikiran dan ilmu, serta membekali duta bangsa Indonesia dalam berkompetisi di tingkat internasional,” kata Jully.

 

Sumber

Iklan



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: