Kehadiran Robot Mampu Menggantikan Peran Manusia

(Wartajakarta.com)-Kini kehadiran robot mulai diperhitungkan dengan berbagai kemajuan teknologi yang super canggih mampu mengedepankan sebuah robot untuk nantinya bisa mengerjakan pekerjaan manusai sehari –hari sehingga nantinya tidak peru lagi dibutuhkan tenaga manusia lebih banyak cukup dengan satu robot .

Tak bisa dipungkiri kehidupan manusia saat ini dihadapkan dengan perkembangan teknologi canggih yang tidak dapat dihindari. Sebuah kenyataan yang berkembang saat ini banyak robot-robot menyerupai manusia atau disebut dengan humanoid telah dikembangkan dengan teknologi yang sangat canggih tak kalah dengan aslinya.

Ada yang bisa menari, ada yang bisa bermain biola. Di Jepang sudah ada humanoid yang menyerupai perempuan cantik sangat sempurna untuk diperjualbelikan. Tidak hanya itu, robot-robot pun digunakan di pabrik-pabrik, medan pertempuran, dan juga di meja operasi.

Dengan hadirnya sistem cloud computing yang akan dikembangkan oleh Microsoft, Institute of Technology Purwadhika Nusantara, dan World Robotic Explorer nampaknya semua orang dapat memiliki robot pintar dan dapat mengendalikannya sendiri.

Seperti diketahui, cloud computing adalah database yang dapat diakses dengan menggunakan internet. Semua data akan tersimpan di server, semua orang dapat mengakses data tersebut melalui teknologi yang dimilikinya seperti smartphone, netbook atau notebook.

Dengan sistem ini, tidak perlu jadi seorang programer, semua orang bahkan yang tidak memiliki keahlian dibidang IT sekali pun dapat mengendalikan robot dengan menggunakan gadget yang sering digunakannya melalui jaringan internet .

Institute of Technology Purwadhika Nusantara adalah sebuah pendidikan yang menjadi pelopor berbasis Cloud Computing di Indonesia kembali membuat gebrakan baru setelah sukses menjadi partner resmi Microsolf di Indonesia ,Purwadhika Nusantara kembali menggandeng World robotic Explorer untuk membuka jurusan Strata 1 di bidang Cloud Computing for Robotic yang akan menciptakan robot-robot masa depan yaitu Cloud Robots.

Robot sudah terbukti bermanfaat bagi kehidupan manusia diberbagai bidang Namun manfaat yang dapat duberikan masih terbatas pada kegiatan-kegiatan yang kurang memerlukan tingkat intelegensi yang tinggi ,ujar Purwa Hartono Founder dari Purwadhika Nusantara.

Memasuki babak naru Cloud Computing atau komputasi awan memungkinkan robot melakukan pekerjaan pekerjaan yang sering dilakukan oleh manusia bahkan bisa melebihi intelegensi manusia yang dikenal sebagai Cloud Robot ,tegasnya.

Ini merupakan impian besar kami untuk mengangkat citra bangsa Indonesia di mata dunia ini terus diwujudkan dengan melakukan berbagai inovasi dan gebrakan bagi dunia pendidikan di Indonesia bahkan kami menghadirkan ahli robotika internasional Mr Han Boon Siew sebagai tim ahli akademisinya,ujarnya.

Menurut Jully Tjindrawan selaku Director dari World Robotic Explorer ,Dengan menggandeng Institusi bergengsi World Robotic Explorer yang sudah berkiprah dalam dunia robotic semakin menunjukan komitmen dan keseriusan dari Purwadhika Nusantara untuk memajukan dunia informasi dan teknologi di Indonesia .

“Kami sangat senang dan bersemangat untuk memajukan dunia informasi dan teknologi bersama Purwadhika Nusantara serta mewujudkan sebuah impian terbesar “Untukmu Indoneiaku’’.

World robotic Explorer merupakan sebuah wahana hiburan pendidikan (Edutainment) yang juga sebuah rumah robot pertama di Indonesia yang berlokasi di Thamrin City Jakarta dan akan menjadi tempat bagi anak-anak untuk diperkenalkan bidang ilmu robotic secara langsung.Di tempat ini disediakan laboratorium berbagai ilmu kepada anak anak dengan instruktur yang memberikan bimbingan ,Anak-anak akan diajari ilmu dari elektronika dasar hingga memprogram di computer .

Sumber




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: