Rumah Robot Pertama di Asia Tenggara

Pada saat eSHa eSHi menonton film mengenai robot, eSHi eSHi ingin sekali melihat robot sungguhan. Berbagai bentuk robot yang dapat bergerak dan dapat mengikuti perintah kita seperti di film-film robot. Ada robot berbentuk orang dan ada juga robot yang berbentuk hewan seperti robot ular, anjing, kalajengking, laba-laba, dan masih banyak lagi bentuknya. Ingin sekali rasanya eSHa eSHi melihat robot-robot yang seperti di film.

Pada Kamis (20/01) sekitar pukul 14.25 WIB, eSHa eSHi jalan-jalan ke Thamrin City di Jl. Thamrin Boulevard, Tanah Abang, Jakarta Pusat, kemudian tanpa sengaja eSHa eSHi dari kejauhan melihat sebuah tempat yang terlihat sangat menarik. Kemudian eSHa eSHi mencoba melihat lebih dekat. Setelah melihat lebih dekat eSHa eSHi merasa berdebar-debar karena melihat ada robot yang berdiri di dekat pintu masuk sebuah tempat yang terlihat begitu unik. Saat eSHa eSHi masuk ke tempat tersebut dan bertanya kepada seseorang yang kita temui yang kebetulan adalah staff marketing tempat tersebut, Joisica Sarumaha biasa dipanggil Sisca, “Tempat apakah ini, tempat ini kenapa ada robotnya?” Kemudian sambil tersenyum Sisca menjawab “tempat ini adalah rumah robot, di sini pusatnya pameran robot, pembelajaran sains dan robotika, penelitian dan pengembangan robot, semuanya yang berhubungan dengan robot ada di sini, di World Robotic Explorer.”

 

Ketika eSHa eSHi mendengar bahwa di sini tempatnya pameran robot, pembelajaran dan tempat pembuatan robot, eSHa eSHi merasa sangat gembira. eSHa eSHi sangat gembira karena keinginan mereka untuk melihat robot sungguhan akhirnya menjadi kenyataan. Ternyata robot itu benar-benar ada, tidak hanya di film-film robot itu ada tapi di kehidupan nyata robot itu benar-benar ada.

 

eSHa eSHi yang begitu gembiranya kemudian meminta kakak Sisca untuk menemani eSHa eSHi berjalan-jalan melihat Robotic Explorer atau rumah robot dan menceritakan mengenai Robotic Explorer. Kakak Sisca pun bersedia menemani eSHa eSHi jalan-jalan berkeliling Robotic Explorer. Pada hari itu sungguh lengkap kegembiraan eSHa eSHi karena selain dapat melihat robot sungguhan, eSHa eSHi pun dalam berjalan-jalan di Robotic Explorer agar dapat mengetahui apa saja yang ada di Robotic Explorer.

 

Setelah berjalan selama beberapa jam berkeliling Robotic Explorer dengan ditemani oleh kakak Sisca dan bercerita mengenai Robotic Explorer. Kini eSHa eSHi memiliki pengetahuan mengenai robot. Sekarang eSHa eSHi akan bebagi cerita dengan teman-teman cilik.

 

 

 

World Robotic Explorer


World Robotic Explorer (WRE) adalah sebuah pusat rekreasi berkonsep pendidikan yang unik bagi anak-anak mulai usia tiga tahun ke atas serta orang tuanya. WRE pun dijadikan tempat berkumpulnya komunitas robot mania dan para peneliti robotika. WRE merupakan rumah robot pertama di Asia Tenggara dengan luas area lebih dari 2400 meter persegi.

 

Ibu Jully Tjindrawan sebagai pendiri WRE berharap besar, dengan didirikannya WRE ini Indonesia mampu memasuki era robotika seperti negara-negara maju lainnya, seiring dengan kemajuan teknologi di dunia saat ini. Terutama WRE di dukung oleh Axioo computer yang mensupport seluruh kebutuhan teknologi komputer di dalam World Robotic Explorer. Sama halnya dengan Podomoro Group sebagai pengembang Thamrin City yang memiliki lahan yang cukup luas dan fasilitas yang lengkap, memiliki fokus atau visi yang sama dengan World Robotic Explorer, yaitu “Untukmu Indonesiaku”.


Pada saat berjalan-jalan berkeliling WRE eSHa eSHi melihat banyak bentuk-bentuk robot seperti pada film robot, ada robot yang berbentuk orang dan berbentuk hewan seperti ular, laba-laba, anjng, ular, kalajengking, dinosaurus, dan masih banyak lagi bentuknya. Ruang-ruangan di dalam WRE di desain dengan sangat unik karena banyak tampilan-tampilan robot. Pintu-pintu yang dibuat pun begitu unik dengan bentuk seperti gambaran pintu robot.

 

Semua fasilitas yang dibangun di WRE bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap robot serta memberikan hiburan, pendidikan, kesempatan bagi setiap orang yang berminat.

 

Di dalam WRE terdapat 10 ruangan, yaitu wokshop room, creativity area, laboratory, trial room, galeri, E-learning Center, robot shop, movie room, cafetaria, dan office (ruang kantor).

 

Workshop room adalah ruangan pembelajaran dengan komputer, mulai dari anak SD hingga mahasiswa dapat belajar di workshop room.

 

Creativity area adalah ruangan untuk anak-anak usia 3-9 tahun. Tempat ini disediakan untuk anak-anak bermain sambil mengasah kreatifitas seperti merakit robot sederhana. Menurut Fifin, instruktur di creativity area mengatakan “setiap anak bisa belajar melalui buku panduan namun ada juga yang mencoba membuat robot dengan kreatifitas dari anaknya sendiri.” Salah satunya adalah Jessica yang baru duduk di kelas dua SD sudah mampu membuat robot sederhana.

 

Laboratory merupakan ruangan untuk melakukan penelitian dan pengembangan robot. Ruangan laboratory terbagi menjadi dua yaitu lab. produksi dan lab. desain. Lab produksi adalah ruangan untuk membuat robot, diruangan ini telah disediakan berbagai alat yang mendukung seperti obeng, solder, alat ukur resistor dan alat-alat lainnya. Di lab. produksi kita diajarkan cara penyolderan yang benar, menggunakan alat-alat lab.sesuai dengan kebutuhan dan diajarkan merakit robot. Kemudian lab. desain untuk mendesain bentuk robot yang akan dibuat dan memprogram robot agar robot bisa bergerak sesuai dengan keinginan kita. Ada beberapa robot yang di program di lab desain seperti robot Bioloid, Kondo, Manoi, dan Genibo (robot anjing).

 

Trial room, ruangan untuk uji coba, di dalam rungan ini ada lima lapangan mini untuk uji coba robot, seperti lapangan market soccer untuk ujicoba robot bermain bola, market fire fighting, market micromouse yang bentuknya seperti sebuah labirin, market line follower menguji robot agar robot dapat mengikuti garis dilapangan, dan market sumo bot untuk mencoba robot sumo.

 

Galeri adalah ruangan untuk pameran robot.

 

E-learning yang terdiri dari E-library dan E-learning. Diruangan ini anak-anak dapat membaca buku panduan membuat robot dan di tempat ini juga anak-anak bisa menggunakan komputer untuk bermain games logika mengenai robot. Di ruangan ini ada 28 komputer yang menggunakan windows 7. Semua komputer di ruangan ini di sediakan oleh Axioo computer sebagai partner WRE.

 

Robot shop ruangan untuk menjual robot-robot, kebanyakan robot berasal dari jepang dan korea. Harga robot sangat bervariasi mulai dari Rp. 850.000 hingga mencapai Rp. 15 juta. Saat ini harga robot bisa dibilang sangat mahal karena komponen robot masih harus di impor dari luar negeri.

 

Movie room, ruangan bioskop mini ini disediakan untuk menonton film dan video cara pembuatan robot.

 

Di WRE ini pun terdapat cafeteria untuk para pengunjung yang ingin bersantai atau orang tua yang sedang menunggu anak-anaknya mengembangkan pengetahuan tentang teknologi robot di WRE.

 

Bagaimana teman-teman cilik setelah mendengar cerita eSHa eSHi mengenai WRE. Sungguh menarik dan unik kan, ternyata begitu banyak pengetahuan tentang robot yang bisa kita dapat dari WRE. Terutama kemudahan yang telah diberikan WRE dengan begitu banyak fasilitas yang disediakan. Semoga dengan kelengkapan fasilitas di WRE teman-teman cilik bisa menjadi seorang yang pintar dalam hal teknologi dan mahir menciptakan robot hingga mampu menjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang maju dengan teknologinya.

 

Sumber




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: