Yuk, Belajar Membuat Robot!

Senin, 21 Februari 2011 | 10:41 WITA

TRIBUN-TIMUR.COM – Jakarta kini memiliki wahana bermain dan belajar robotika terbesar di Asia Tenggara. Letaknya di lantai dua pusat belanja Thamrin City, Jakarta Pusat. Tepat di sebelah kiri eskalator yang mengantarkan kita menuju lantai dua, tampak area bertemakan robot dan perang bintang.

 

Setelah membeli tiket masuk seharga Rp 150 ribu dan mendapatkan kartu pass, pengunjung bisa mendekati robot merah raksasa setinggi kurang lebih 2 meter yang bisa melambaikan tangan dan memberi hormat sambil menengok ke arah pengunjung yang masuk. Robot ini ternyata dikendalikan dari jarak jauh oleh seorang operator. Kesan pertama ini seru dan mengasyikkan.

 

Membuat robot sendiri
Di dalam rumah robot yang bernama World Robotic Explorer (WRE) ini, setiap tamu dan rombongan akan dipandu oleh guide mengelilingi ruangan seluas 2.800 meter persegi yang dibagi-bagi menjadi beberapa area, movie room, creativity room, workshop room, laboratorium, e-library, trial room, gallery, dan robo shop.

 

Di dalam movie room pengunjung bisa menyaksikan film-film animasi hasil karya anak Indonesia. Usai menyaksikan film, guide akan mengajak pengunjung menuju area tengah bernama gallery room. Di sini kita dapat berinteraksi dengan robot-robot supercanggih. Ada robot anjing dan dinosaurus yang bisa berperilaku seperti hewan aslinya, ada robot bioloid yang bisa nge-dance, dan yang paling mengagumkan ada robot bernama Nao yang bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia. Ternyata Nao adalah ikon robot dunia.

 

Jika berminat memelihara robot di rumah, belilah satu di robo shop. Selain itu, ada juga barang-barang robotika untuk dirakit menjadi robot di rumah.

 

Jully Tjindrawan, MBA, direktur sekaligus pemilik tempat ini menjelaskan, creativity room diperuntukkan anak usia 3-7 tahun, sedangkan ruang workshop diperuntukkan anak 7-12 tahun. Kalangan dewasa bisa mencoba membuat robot di laboratorium produksi atau desain, dan mencoba hasilnya di ruang percobaan (trial room). Literatur mengenai ilmu dasar robotika terdapat di e-library yang koleksinya terdiri atas hard book dan soft book.

 

Masih menurut Jully, trial room yang dimiliki WRE berstandar internasional. “Jadi nanti akan ada banyak pertandingan robot internasional dilakukan di sini,” katanya antusias.

Sumber




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: