Robot Sumpah Pemuda

PERINGATAN Sumpah Pemuda tidak hanya dominasi manusia. Robot pun, turut merayakan momentum bersatunya pemuda Indonesia itu dengan menggelar upacara.

Usai upacara, puluhan robot yang mewakili 33 provinsi di tanah air dengan mengenakan pakaian adat mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua itu, lalu melakukan parade melewati lintasan sepanjang 28 meter.

Upacara robot yang digelar World Robotic Explorer di Thamrin City, Jakarta Pusat itu dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tak lupa memberi hormat pada merah putih. Puncaknya, puluhan robot melakukan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda yang dipandu Nadya, seorang anak yang mengunjungi rumah robot tersebut.

Pengunjung yang hadir pun terlihat takjub melihat kepiawaian robot-robot tersebut. ”Parade robot ini nggak semata-mata cuma untuk entertain tapi mengingatkan kepada generasi muda kalau di era robotik pemuda dan anakanak Indonesia masih bisa mengukir berbagai prestasi,” ujar Komisaris World Robotic Explorer, Rizal Heryanto kepada INDOPOS di sela-sela acara kemarin (28/10) Rizal juga menambahkan, kegiatan ini juga merupakan wujud kreativitas anak Indonesia dalam bidang robotika.

Dia juga mengatakan, pemakaian baju adat guna mengenang semangat anak bangsa akan tetap bersatunya NKRI. Untuk diketahui, puluhan robot itu terdiri dari 10 robot line follower. Robot ini bergerak mengikuti garis hitam di tengah lintasan menggunakan sensor cahaya. Selain itu, robot Nao dan robot Biolid dari Perancis juga turut menyemarakan momentum Sumpah Pemuda dengan atraksi menari dan bernyanyi. (dew)


http://www.bisnis.com/

http://www.indopos.co.id/

http://www.lampungpost.com/




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: