Robot Anjing Pemandu dengan Teknologi Kinect

NSK sebuah perusahaan Jepang telah menunjukkan prototipe  anjing pemandu robot yang berfungsi yang suatu hari nanti akan bisa digunakan untuk membantu orang tunanetra. Robot yang sama ini sebelumnya telah ditampilkan dalam lingkungan laboratorium. Praktisnya robot ini akan menjadi pengganti untuk anjing pemandu  yang membutuhkan pelatihan yang panjang, lama dan mahal yang bisa berbulan-bulan.

Jelas, anjing nyata memiliki manfaat besar: karena datang dengan  kecerdasan yang memungkinkan mereka untuk bergerak, dan bereaksi terhadap situasi yang bukan “bagian dari program”. NSK berpikir bahwa robot kemungkinan  layak diimplementasikan dan hasilnya adalah sangat menarik.

Dalam menangani masalah  mobilitas, NSK menggunakan Kinect, sensor gerak Microsoft untuk mendeteksi dan menganalisa rintangan sulit seperti tangga. Kemudian ada masalah kesadaran kinestetik di mana robot harus merasakan apa yang ada di sekitar kakinya. Untuk hal itu, NSK menggunakan sensor proximity yang mungkin tidak begitu berbeda dari yang kita miliki di smartphone.

Hasil akhirnya adalah sebuah robot berkaki empat yang dapat menaiki tangga, meskipun perlahan-lahan. Robot menyediakan alat untuk bantuan untuk manusia pemiliknya, dan seperitnya memberikan pegangan yang kuat juga. Pada saat ini, NSK telah bekerja pada faktor-faktor utama yang penting seperti kemampuan gerak, kesadaran akan lingkungan sekitarnya.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: