Robot Indonesia Cetak Rekor MURI

Pada awal berdirinya, Rumah Robot mempunyai visi untuk menggali potensi anak-anak Indonesia untuk mencintai dan mempelajari ilmu robotika, serta membawa Indonesia menuju kancah kompetisi internasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, Rumah Robot telah menggelar berbagai kegiatan workshop dan mengikuti berbagai perlombaan robotik tingkat nasional maupun internasional. Terakhir, Rumah Robot mengirimkan kontingen untuk berlaga di Olimpiade Robot Internasional di Universitas Tarumanegara yang digelar pada 15 hingga 18 Desember 2011 kemarin.

Kini, Rumah Robot kembali membuktikan visinya tersebut. Pada hari Sabtu, 7 Januari 2012 mendatang, Rumah Robot akan dianugerahi sebuah rekor penghargaan yang cukup prestisius dari Museum Rekor Indonesia (MURI). “Penghargaan atas rekor ini berhasil kami capai karena kami berhasil membuat robot yang menggunakan hasil kerajinan dan budaya Indonesia,” ucap Joisica Castelya Sarumaha saat diwawancarai OktoMagazine. “Ini adalah pertama kalinya untuk Indonesia.”

Penyerahan rekor tersebut akan dianugerahkan atas kerja keras dari Rumah Robot untuk membuat sebuah robot yang seluruh badannya terbuat dari rotan. Selain penyerahan rekor, robot yang dinamakan Rotania tersebut juga akan menampilkan pertunjukan yang cukup unik dengan menarikan Tari Merak. “Selain itu juga ada beberapa robot lain yang berhasil memenangkan International Robot Olympiad atau Olimpiade Robot Internasional,” lanjut Joisica dalam kesempatan itu.

Acara yang direncanakan akan dimulai pada pukul 12.00 tersebut akan dihadiri oleh perwakilan dari MURI. “Bila tidak berhalangan, bapak Jaya Suprana direncanakan juga akan ikut hadir dalam acara penganugerahan gelar tersebut,” turut Joisica. “Selain itu, acara ini juga akan ikut dihadiri oleh Wahidin Wahab selaku salah satu pakar robotika Indonesia. Beliau juga sempat membantu kami untuk membangun Rotania.”

Rotania juga akan tampil spesial. Di acara tersebut, Rotania akan hadir dengan dibalut baju karya desainer Anne Avantie. “Baju yang akan dikenakan oleh Rotania adalah baju yang spesial,” ungkap Joisica yang juga menjabat Marketing Humas Rumah Robot. “Baju ini adalah rancangan khusus yang dibuat oleh Anne Avantie sendiri, sehingga baju ini tidak diperjual-belikan dan menjadi koleksi pribadi beliau.”

Joisica juga memberikan bocoran bahwa selepas penganugerahan rekor ini, Rumah Robot juga akan mencoba untuk memecahkan rekor MURI lainnya. “Masih dalam rencana. Jadi, masih dirahasiakan,” tutup Joisica.

Semoga pemecahan rekor ini bukan menjadi akhir dari pencetakan prestasi dari anak-anak Indonesia dan Rumah Robot di bidang robotik. Maju terus dunia robot Indonesia!

 

sumber :

http://www.oktomagazine.com





Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: