Ahmad Dahlan Robotic Competition 2012

 

Jenis Lomba :

Line Follower Robot

😀

Spesifikasi Robot :
http://hmps.ee.uad.ac.id/Page_Site/info_adrc_2012/spesifikasi_robot.php

😀

Syarat Peserta :

  • Peserta masih berstatus sebagai siswa baik pada saat pendaftaran maupun saat perlombaan yang berasal dari SMA/SMK/MA se-DIY dan Jateng, dibuktikan dengan foto copy  Kartu Tanda Pelajar.
  • Setiap tim maksimal terdiri dari 2 orang yang berasal dari satu sekolah yang sama.
  • Setiap individu hanya diperbolehkan terdaftar pada satu tim.

 


Apa yang terbersit dalam pikiran kita ketika membaca wacana seperti berikut ini? Teknologi kian hari kian mencengangkan bahkan tak bisa kita bayangkan setiap detik, setiap menit pasti bertambah. Dewasa ini  teknologi robot menjadi salah satu alternatif untuk ikut serta mengembangkan dunia teknologi.

Dakam acara  Milad ke-51, UAD  banyak melakuan rangkaian acara yang sangat bermanfaat baik bagi universitas, mahasiswa, dosen, karyawan maupun para pelajar lain terutama SMA dan SMK. Salah satu acara yang di lakukan untuk  memeriahkan Milad kali ini adalah bidang teknologi, terutama  untuk bidang robotik. UAD meadakan lomba robot tingkat SMA/SMK. Perlombaan kali ini merupakan perlombaan yang baru pertamakali diadakan dan menjadi terobosan yang sangat maju bagi UAD.

Lomba ini merupakan hasil kerja sama antara UAD dengan Himbunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTK) yang sudah tidak diragukan pengalamanya dalaam bidang teknologi robotik yang sering mengikuti berbagai ajang perlomba robotik regional maupun tingkat nasional bahkan sering menjadi juara. Acara ini mengusung tema ‘Duel Mode Track RobolineContes’ yang dilaksanakan di Auditoriun Kampus III UAD dimulai pukul 09.00. Peserta uji lintasan sebagai adaptasi para robot yang akan ditampilkan. Perlombaan yang di nanti para peserta dimulai. Duel para robot melalui trak yang telah disediakan oleh panitia sangat menarik. Berbagai robot ditampilkan, mulai dari robot yang pelan tapi pasti sampai finis, cepat tapi sampai luar lintasan bahkan ada juga robot yang tidak mau jalan ketika diletakan di atas lintasan.

Banyak kreteria yang harus dilalui peserta untuk memenangkan lomba. Dalam perlombaan ini, bukan hanya kecepatan yang dinilai namun ketepatan sampai finis robot pun juga dinilai juri. Pada kesempatan ini yang bertindak sebagai juri 1 yaitu Nuryono S.W,S.T.,M.Eng. dan yuri 2 Wahyu Sapto Aji, M.T., dan dua orang pencatat waktu dari panitia. Lomba  diikuti oleh 24 tim dari 9 SMA dan SMK se-DIY dan Jawa Tengah dengan merebutkan piala Rektor UAD. Lomba dimenangkan oleh tim Werkudara dari SMK N 3 Yogyakarta, selaku juara pertama, juara ke 2 diraih oleh tim Cross Teamrobo 1 dari SMK N 3 Yogyakarta, juara 3 didapatkan oleh tim The Drag Anggel dari SMK N 3 Yogyakarta, dan untukbest desain pun disapu bersih oloh SMK N 3 Yogyakarta dengan nama tim Herbie 53.

Menurut Ferry Yusmianto, sebagai ketua pelaksana  mengungkapkan bahwa acara ini sebenarnya sudah lama direncanakan oleh HMTE. Kaprodi Teknik Elektro, Kartika Firdusi, S.T,M.T.,  di tempat lain juga mengungkapkan bahwa lomba ini merupakan acara  pertama dan akan dilaksanakan rutin pertahun dengan sasaran bukan hanya SMA/SMK tapi juga untuk tingkat SMP sekaligus sebagai sarana promosi untuk Universitas dan Prodi Elektro khususnya.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: