Jamming Gripper, Main Basket dan Panahan

 

Roboticists at Cornell and the University of Chicago have taught it to throw stuff.

 

Sudah Tau Jamming Gripper ? Klo belom tau bisa klik disini, sedikit penjelasan Jamming Gripper adalah sebuah aplikasi konsep mekanika dimana bola karet berisi material (seperti pasir / kopi) yang berfungsi sebagai tangan. Jamming Gripper dapat menggenggam benda berbentuk apa saja, termasuk benda rata seperti koin, sampai benda yang mudah pecah seperti telur. Info lanjut baca disini.

 

Robot berjenis ARM (tangan / manipulator) ini sekarang sudah di program untuk mampu melemparkan barang tepat sasaran. Lihat video dibawah. Jamming dapat menggenggam karna prinsip vakum (sedot udara) yang membuat bola karet mengkerut sehingga benda terjepit didalamnya, dan saat bola di isi kembali dengan udara (menggembung kembali) benda yang digenggamnya akan terlontar keluar.

 

Kelihatannya mudah, tapi untuk dapat melempar sebuah benda tepat sasaran harus dimulai dari ketepatan mengambil benda tersebut. Posisi benda harus berada ditengah bola karet supaya bisa tegak lurus saat dilemparkan. Hasil penelitian terakhir diambil kesimpulan, Jamming Gripper mampu melempar dengan nilai error 10mm dan akurasi 95%.

 

 

Iklan



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: