Tranning Robot UNMUH Jember

 

Sebanyak 15 sekolah yang ada di eks-karasidenan besuki diantaranya jember, bondowoso, dan lumajang mengikuti Training Robot Universitas Muhammadiyah Jember. Dari 15 sekolahan ini mayoritas dari SMK dan dari Madrasah Aliyah Negeri yang ada eks-karasidenan. Kegiatan ini sudah berjalan 2 tahun terakhir ini dan untuk kegiatan tersebut dimulai tanggal 25-27 Februari 2012. Banyak pembekalan dari narasumber yang telah disiapkan oleh panitia untuk diberikan kepada siswa-siswi yang mengikuti Training Robot tersebut.

 

Dari data yang dihimpun RNNEWS, 15 sekolahan tersebut 2 dari Madrasah Aliyah Jember, 1 dari Teknologi Balung, 1 dari SMK 2 Lumajang, 1 dari SMK Wringin Bondowoso, dan sisanya dari SMK yang ada di Jember. Mereka akan dibekali tentang pemrograman, elektronika dan sejarah robotikan yang ada di Universitas Muhammadiyah Jember sendiri.

 

Untuk jadwal pelaksanaannya pada tanggal 25 Februari adalah pengenalan robotika dan perencanaan robot, tanggal 26 Februari siswa dibekali pemrograman robot, dan pada tanggal 27 tepat di hari terakhir siswa-siswi mengikuti lomba robot yang sudah diajarkan dihari sebelumnya. Dan untuk lomba akan dibagi 3 kategori yang pertama adalah robot tercepat, kedua adalah desain terbaik, ketiga adalah tim terkompak. 

 

Menurut M.Nur Khoirun salah satu narasumber di Training Robot tersebut mengatakan, “setiap siswa yang punya hasil dari Training tersebut mulai dari pemrograman, membuat robot dan meng aplikasikannya sampai robot bisa bergerak sendiri”. Ditambahkan beliau, keinginan siswa dan siswi ini sangat pesat kemudian bahasa yang digunakan sangat mudah dan sering didengar oleh siswa yang mengikuti traning tersebut.

 

Sementara itu, kegiatan ini akan terus menjadi agenda tahunan dari mahasiswa teknik jurusan elktronika Universitas Muhammadiyah Jember.  Untuk ditahun depan rencanya kegiatan ini akan di ikuti dari berbagai SMK dan Madrasyah Aliyah yang ada di eks-karasidenan Besuki. Dan juga, nantinya perlombaannya akan dibuka secara umum dengan satu syarat yang mengikuti adalah siswa dan siswa yang ada di eks-karasidenan Besuki.

 

 

Sumber : http://unmuhjember.ac.id/index.php/16-berita-news/25-tranning-robot-2012




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: