Robot Air Pecahkan Rekor Sebrangi Pasifik

 

Empat buah robot berhasil memecahkan rekor dunia setelah berenang sejauh 3200 mil laut atau sekitar 5.926 kilometer melintasi samudera Pasifik. Pencapaian ini mengalahkan rekor pelayaran tanpa awak yang sebelumnya dicatat Guinness World Record sejauh 2500 mil laut.

Selain memecahkan rekor, robot-robot  bernama PacX Wave Gliders ini sendiri  merupakan bagian dari proyek pengumpulan data  mengenai komposisi dan  kualitas air laut.

Nantinya robot  buatan  perusahaan Amerika, Liquid Robotic  ini diperkirakan akan mampu berlayar sejauh 9,000 mil laut (16.668km) hingga akhir pelayarannya kelak. Dalam etape pelayaran pertama dari Sanfransisco menuju Hawai saja menghabiskan waktu empat bulan. Mereka mulai berenang dari St Francis Yacht Club di  pelabuhan San Francisco 17 November 2011 lalu.

Selain itu robot-robot ini didesain agar mampu mencapai perairan-perairan terpencil yang tak terjangkau guna mengumpulkan data  bagaimana tingkat keasaman air laut berpengaruh terhadap penurunan jumlah populasi ikan.

‘’Saya tidak meragukan akan adandya penemuan baru di lautan, pengetahuan dan aplikasi-aplikasi baru akan muncul dari perangkat data PacX,’’ ujar Edward Lu kepala bagian Aplikasi Inovasi, Liqud Robotic sebagaimana dikutip BBC.

Yang menarik robot ini digerakkan tanpa bahan bakar. Ia melaju memanfaatkan  tenaga ombak yang dirubah menjadi energi pendorong melalui perangkat yang dipasang di bawah robot  ini.

Sementara itu untuk mengirim data hasil temuannya robot ini memanfaatkan listrik dari panel surya yang terpasang di bagian atas. Setelah beberapa saat istirahat di Hawai empat robot ini akan berpisah. Dua robot tampa awak ini akan berlayar menuju Jepang menyusuri cekungan Mariana yang dikenal sebagai tempat terdalam di bumi. Sementara dua robot lainnya akan berenang menuju Australia. Diperkirakan mereka akan sampai tujuan  akhir 2012 atau awal 2013 mendatang.

 

Sumber :

http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120720/Robot-Air-Pecahkan-Rekor-Sebrangi-Pasifik-




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: