[Robot] Angklung Mang Udjo

 

Saung Angklung Udjo memamerkan robot angklung yang bisa dimainkan secara otomatis dengan bantuan perangkat lunak komputer. Robot angklung yang disebut Klungbot ini digagas oleh Eko Mursito Budi bersama rekan-rekannya dari Teknik Fisika ITB.

Pertama-tama, kita harus menuliskan nada terlebih dahulu di software klungbot. Nada itu akan dibaca dan langsung tersambung ke robot angklung yang digerakkan oleh motor.

“Ini tujuannya adalah untuk memodernisasi angklung. Sekarang siapapun bisa memainkan angklung, bahkan mengaransemen lagu dengan menggunakan klungbot,” kata Eko Mursito Budi, peneliti sekaligus penggagas Klungbot.

Robot angklung ini bisa memainkan melodi angklung dalam tiga tingkatan suara. sehingga harmonisasi yang dihasilkan juga tak jauh berbeda dengan angklung yang dimainkan bersama-sama. Di Saung Angklung Udjo tadi misalnya, Klungbot menunjukkan kebolehannya memainkan melodi lagu “Munajat Cinta” milik The Rock hingga lagu dengan tingkat kesulitan tinggi seperti Bohemian Rhapsody milik Queen.

Sam Udjo dari Saung Angklung Foundation sangat mengapresiasi karya anak bangsa ini. Menurutnya, teknologi memang seharusnya menjadi pemicu bagi perkembangan dan pelestarian seni tradisional.

“Tapi jangan sampai filosofi dari angklung itu sendiri hilang. Angklung bermakna lebih dr sekedar alat musik. Angklung harus dimainkan secara kolektif untuk bisa mencapai melodi yang harmonis, pemain angklung juga harus belajar menyimak dan mendengarkan,” tutur putra Udjo Ngalagena ini.

Menurutnya, manusia justru jangan mau kalah dengan teknologi. “Kalau robot saja bisa masa manusia tidak bisa,” katanya.

 

Sumber : 

http://bisnis-jabar.com/index.php/berita/wisata-bandung-saung-angklung-udjo-pamerkan-robot-angklung

Iklan



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: