Wow, tim robot Bandung kembali sabet juara di Amerika Serikat

 

Robot dari berbagai perguruan tinggi di Bandung berhasil merebut delapan gelar juara pada ajang kompetisi robot cerdas internasional yang dihelat di Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat (AS).

Kampus yang mengirimkan tim robot cerdasnya yakni Institut Teknologi (IT) Telkom Bandung, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Komputer Indonesia (Unikom).

Tim robot cerdas tersebut mengikuti kompetisi robot tahunan The 19th Annual Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC)  yang digelar 30 Maret hingga 1 April 2012. Kompetisi ini merupakan kontes khusus robot cerdas pemadam api. 

Laporan Tim robot Indonesia TCFFHRC 2012 mengungkapkan, TCFFHRC merupakan kompetisi yang sudah berlangsung selama 19 tahun yang telah menjadi standar acuan kompetisi robot pemadam api di berbagai sekolah dan perguruan tinggi di dunia.

Ketua tim robot Indonesia TCFFHRC 2012 Dr Kusprasapta Mutijarsa menyebutkan, pada kompetisi ini tim robot cerdas beroda IT Telkom membawa tiga buah robot beroda, dan berhasil memperoleh juara pertama (tim Hamazar) dan juara kedua (tim Garuda #1).

Tim robot cerdas berkaki ITB membawa dua buah robot berkaki, dan berhasil memperoleh juara kedua (tim Yaqut) dan juara ketiga (tim Aqabah).

“Tim robot cerdas beroda IT Telkom dan tim robot cerdas berkaki ITB dibiayai Dirjen Dikti Kemendikbud untuk berpartisipasi pada ajang tersebut,” kata Kusprasapta, melalui rilis kepada wartawan, Selasa (3/4/2012).

Dua kategori dari dua kampus tersebut dibiayai Dirjen Dikti karena menjadi juara Kontes Robot Cerdas Indonesia tingkat Nasional tahun 2011.

Selain tim robot yang bertanding dengan biaya Dikti, ada juga empat tim dari Indonesia yang berangkat dengan biaya mandiri, yaitu tim robot cerdas beroda dari ITB yang membawa dua robot beroda, tim robot cerdas berkaki dari IT Telkom yang membawa satu robot berkaki, tim RoboWaiter dari IT Telkom yang membawa satu buah robot, dan tim robot cerdas RoboWaiter dari Unikom yang membawa tiga buah robot RoboWaiter. 

Tim robot cerdas berkaki dari IT Telkom berhasil memperoleh juara pertama (tim Arjuna), tim robot cerdas RoboWaiter dari Unikom berhasil memperoleh juara pertama untuk kategori RoboWaiter Entry Level (tim DU99RWS4-V12). Tim RoboWaiter Unikom juga memperoleh juara pertama (tim DU99RWE4-V12) dan kedua (tim DU99RWE-V12) untuk kategori RoboWaiter Advanced Level. 

“Jadi tim robot Indonesia membawa pulang total delapan gelar juara internasional dari kompetisi robot ini,” lanjut Kusprasapta.

Dia mengungkapkan, TCFFHRC 2012 diikuti oleh 130 tim yang bertanding pada berbagai kategori, yaitu Junior Division, High School Division, Senior Division, Expert Division, Walking Division, RoboWaiter Entry Level dan RoboWaiter Advanced. Selain Amerika Serikat, peserta juga datang dari Portugal, Israel, dan China.  

 

Berikut adalah gelar yang diperoleh tim robot Indonesia pada TCFFHRC 2012:

1. Untuk Fire-Fighting Robot Senior Division (Robot Beroda): juara pertama adalah tim Hamazar dari  ITT, juara kedua adalah tim Garuda #1 dari IT Telkom, dan juara ketiga tim robot dari Shepherd University USA.

2. Untuk Fire-Fighting Robot Walking Division (Robot Berkaki): juara pertama adalah tim Arjuna dari IT Telkom, juara kedua adalah tim Yaqut dari ITB, dan juara ketiga adalah tim Aqabah dari ITB.

3. Untuk RoboWaiter Entry Level: juara pertama adalah tim DU99RWS4-V12 dari Unikom.

4. Untuk RoboWaiter Advanced Division: juara pertama adalah tim DU99RWE4-V12 dari Unikom dan juara kedua adalah tim DU99RWE-V12 dari Unikom

 

 

Penasaran, tim robot ini memeroleh juara apa saja. Berikut daftar prestasi yang mereka peroleh:

1. Juara pertama (ITTelkom) dan kedua (ITTelkom) Fire-Fighting Senior Division
2. Juara pertama (ITTelkom), kedua (ITB) dan ketiga (ITB) Fire-Fighting Walking Division
3. Juara pertama (Unikom) RoboWaiter Entry Level
4. Juara pertama (Unikom) dan kedua (Unikom) RoboWaiter Advanced

 

Anggota tim robot Indonesia yang berpartisipasi pada TCFFHRC 2012:
1. Dr. Kusprasapta Mutijarsa, ketua tim robot Indonesia ke TCFFHRC 2012
2. Dra. Farichah, MM., pendamping dari Dit. Litabmas DIKTI
3. Ir. Indrawanto, PhD, juri nasional.

 

 

Sumber : 

http://bisnis-jabar.com/index.php/berita/wow-tim-robot-bandung-kembali-sabet-juara-di-amerika-serikat




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: