Unikom Sengaja Tak Ikut Kompetisi Robot Nasional

 

Keikutsertaan Universitas Komputer Indonesia atau Unikom Bandung ke kontes robot internasional di Amerika Serikat dalam dua tahun terakhir dilakukan secara swadaya. Padahal, hal itu bisa dihindari apabila mereka memenangi kontes robotika di tingkat nasional. Namun, hal itu ternyata sengaja dilakukan.

“Unikom sudah menjadi juara dalam empat tahun berturut-turut sejak  2009. Kami memilih untuk tidak ikut serta dalam kompetisi nasional dengan harapan ada perguruan tinggi lain yang bisa menampilkan potensinya dalam bidang robotika,” kata Rektor Unikom Eddy Soeryanto Soegoto di Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/4/2012).

Pendapat Eddy terbukti dengan tampilnya Institut Teknologi Telkom yang meraih dua medali emas dan satu medali perak dalam kontes Trinity College Fire Fighting Home Robot and Robo Waiter di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat, awal April 2012. Dalam kontes tersebut, Unikom sendiri meraih dua medali emas dan satu medali perak.

Keberangkatan tim robotika Indonesia bisa disokong sepenuhnya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Umumnya fasilitas ini didapatkan bila mereka memenangi kontes robot di tingkat nasional, seperti Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI).

Selain kontes di Hartford, tim dari Unikom juga meraih tiga medali emas dalam kontes Robogames 2012 di San Mateo, California, Amerika Serikat, 20-22 April 2012. Bila digabungkan, tim Unikom di Amerika Serikat telah membuahkan hasil lima medali emas dan satu medali perak tahun ini.

 

Sumber : 

http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/24/21170990/Unikom.Sengaja.Tak.Ikut.Kompetisi.Robot.Nasional

Iklan



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: