Robot ini Bisa Sekolah

 

Kemampuan Indonesia di bidang robot tak bisa dipandang sebelah mata. Pekan lalu tim robot Universitas Gajah Mada Yogyakarta meraih dua medali emas dan satu perak pada ajang Robogames 2012 di San Mateo, Amerika Serikat. 

Salah satu negara yang memiliki kemampuan robot cukup baik adalah Rusia. Rusia memiliki teknologi baru tentang robot yang bisa sekolah. Penasaran? 

Sebuah robot kecil hijau membantu seorang remaja di Rusia dengan masalah jantung untuk menghadiri kelas. Evgeny Demidov, nama siswa itu, tidak dapat bergabung dengan teman-teman sekelasnya karena sakit.

Robot ini adalah mata dan telinga untuk Demidov. Dari laptopnya di rumah, Demidov menavigasi robot dari ruang kelas ke ruang kelas, berinteraksi dengan siswa dan guru. Dia menghadiri pelajaran jarak jauh menggunakan laptop dan internet.

Robot ini memiliki hd-kamera, mikrofon dan pengeras suara yang memungkinkan Demidov mengikuti kelas dan berkomunikasi dengan guru dan temannya.

Robot pengganti kehadiran siswa ini layaknya seorang anak hadir di pelajaran sekolah. Ia dapat mengajukan pertanyaan kepada guru dan guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui bagaimana siswa memahami pelajaran.

Anda tertari? Untuk membuat satu robot ini diperlukan biaya 4.000 dollar AS.

 

Sumber : 

http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/05/02/150214/Robot-ini-Bisa-Sekolah/7

Iklan



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: