Berkunjungnya ROBOT NAO ke BSI Salemba 22

 

Minggu, bukanlah alasan untuk berhenti dari menuntut Ilmu. Mungkin inilah ungkapan yang layak disematkan oleh mahasisswa Kramat 18 dan Salemba 22, pada Minggu, 6 Mei kemarin. 170 Mahasiswa dan lebih dari puluhan panitia berkumpul di Aula Salemba 22 untuk menghadiri kegiatan seminar yang di laksanakan oleh Senat Mahasiswa Kramat 18 dan Salemba 22 bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika (HIMMI), Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (HMJTK), Robotic Explorer dan didukung oleh World Robotic Explorer.  Seminar yang bertemakan “Seminar IT Robotik, Teknologi Robotik Sebagai Inovasi Dunia Pendidikan” ini merupakan seminar yang lain dari kebanyakan kegiatan.

 

Kami berharap materi-materi yang disampaikan dalam SEMINAR IT ini dapat bermanfaat bagi Mahasiswa Kampus BSI Khususnya dan Masyarakat pada Umumnya serta dapat mengembangkan cara dalam pola berfikir Mahasiswa yang lebih berkembang dalam ide-ide Kreatif dan Inovasi-inovasi baru lainnya dalam Pendidikan, Ujar Suci Indah Selaku Ketua Pelaksana SEMINAR IT “ROBOTIC PROGRAMMING”.

Kegiatan yang memiliki tujuan untuk menyebarkan ilmu serta menjadi ajang silaturhami antara senat mahasiswa, himpunan mahasiswa dan mahasiswa umum ini dilaksanakan sejak pukul 09.00 – 15.00. Tidak tanggung-tanggung, komitmen panitia untuk menjawab kehausan ilmu dari mahasiswa tertuntaskan dengan kehadirannya Robot NAO yang didatangkan langsung dari prancis. Robot yang berbandrol 170 juta rupiah ini pada awalnya hanya dipajang pada display ruang masuk seminar, sehingga banyak sekali mahasiswa yang penasaran dengan performa dari robot yang didominasi dengan warna putih ini. Pembicara sekaligus pemilik robot NAO ini, yaitu Tedi Tajul Muhtadin S.Kom, berhasil membuat peserta penasaran. Peserta harus menunggu hingga jadwal setelah makan siang untuk mengetahui aksi robot ini. Karena sebelumnya, peserta disuguhkan oleh materi-materi pengatar dan pengenalan robotic berupa perancangan software dan hardware. 

Saya penasaran, mau lihat robot itu bergerak, maka dari itu saya bela-belain datang hari minggu. Selain karena ilmu nya banyak, saya juga bisa melihat robot secara langsung, ujar salah satu peserta yang hadir. 

Sesi yang ditunggu-tunggu pun akhirnya datang. Setelah sebelum makan siang peserta hanya diberitahu tentang sejarah robotik, jenis-jenis robot dan programming, maka kali ini peserta justru diperbolehkan secara langsung membantu pembicara untuk ikut memprogram robot ini sesuai dengan instruksi yang diberikan. Pembicara mengajarkan bagaimana cara untuk menseting gerakan dari robot ini dengan tips-tips yang ia berikan. Luar biasa, robot yang tadinya hanya diam tidak bergerak, kini bisa mengikuti instruksi-instruksi yang sudah dirancang. Bangun!, maka robot pun bangun seraya mengikuti instruksi yang diberikan. 

Pembicara di seminar ini, yaitu Tedi Tajul Muhtadin S.Kom adalah seorang expert yang memang sangat intens dengan perkembangan robotika dunia. Bahkan ia seringkali diberi kesempatan untuk menjadi juri di berbagai kontes robot.  

Kegiatan yang positif dengan maksud untuk menyebarkan ilmu yang bermanfaat demi menjawab kehausan mahasiswa tentang keilmuan seperti ini sangatlah bermanfaat, apalagi ditunjang dengan tema baru dan fresh yang mengikuti perkembangan dunia. Dengan demikian fungsi senat mahasiswa serta himpunan mahasiswa memiliki peran yang sentral untuk memajukan perkembangan pendidikan di kampus kita tercinta ini. 

Sumber : 

http://news.bsi.ac.id/bsi/blog/index/bId=63&action=viewBlogComments

Iklan



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: