Bagaimana Nyamuk Menyelamatkan Diri Dari Hujan

 

Peneliti dari Georgia Tech mengamati bagaimana nyamuk bisa terbang melewati derasnya hujan. Bahkan, dengan menggunakan video berkecepatan tinggi, satu rintik hujan dapat mencapai 50 kali lebih berat ketimbang serangga penghisap darah tersebut.

Menurut pemimpin peneliti, David Hu, teknik yang digunakan nyamuk menuntutnya untuk menghindari butiran air hujan yang berjatuha. Sehingga, memungkinkan serangga itu untuk terbang tanpa tersentuh oleh rintik hujan.

Untuk menyelediki, tim peneliti membangun sebuah arena pengujian bagi nyamuk untuk dapat terbang dari sangkar khusus yang ditutupi dengan jaring. Dengan jaring tersebut, memungkinkan untuk masuknya tetesan air.

Peneliti menggunakan air jet untuk mensimulasikan kecepatan aliran hujan dan mengamati nyamuk tersebut. Hasil dari pengamatan mengungkapkan, semua nyamuk selamat tanpa adanya benturan dari tetesan simulasi hujan tersebut.

“Untuk bertahan hidup, nyamuk pada akhirnya harus memisahkan diri dari butiran rintik hujan. Nyamuk melakukan pekerjaan ini dengan menggunakan kaki yang panjang dan sayap. Hewan itu melakukan gerakan memutar pada tubuh nyamuk dari titik pertemuan tersebut,” ujar David Hu.

Iklan



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: